Jenis SEO (Search Engine Optimization) Menurut Pakar SEO

Jenis SEO secara umum bisa dibagi ke dalam tiga kategori bergantung kepada teknik optimasinya. Masing-masing SEO ini terdiri dari berbagai strategi dan komponen yang berbeda-beda.

Baca juga artikel berikut ini : Apa itu SEO ?

definisi-seo

SEO ini terkadang sangatlah sederhana secara teori. Namun dibutuhkan kesabaran, ketelitian, keuletan, konsistensi dan kerja keras dalam waktu yang relatif panjang. Karena pengerjaan melalui strategi SEO ini tidak dapat dilakukan secara instan melainkan melalui proses dan perencanaan yang matang dengan tujuan dapat mendorong halaman website berperingkat di halaman pencarian google/yahoo/bing/yandex dan lainnya.

Apa Saja Tahapan Utama Dari Proses Optimasi Mesin Pencari?

SEO merupakan sebuah proses sehingga butuh waktu yang cukup lama untuk melihat hasilnya. Karenanya terdapat pembagian dari jenis SEO untuk memudahkan Anda dalam optimasi situs.

Jika ada orang yang menjanjikan SEO kilat maka dapat dipastikan itu adalah SEO black hat yang melanggar aturan pedoman yang telah dibuat oleh mesin pencari sebagai aturan algoritma.

Hasilnya mungkin terlihat cepat namun seiring berjalannya waktu, algoritma mesin pencari akan mendeteksi hal tersebut. Jika ketahuan, maka website akan terkena pinalty, dimana indeks berkurang, ranking menurun dan jumlah pengunjung organik menurun drastis.

Sebelum lebih lanjut – Baca juga artikel menarik berikut : Backlink komentar

3 Jenis SEO Berdasarkan Teknik Optimasinya

Jenis SEO yang dimaksud adalah;

  • SEO Teknis: teknik ini memastikan bahwa mesin pencari bisa menjelajahi sekaligus mengindeks website Anda tanpa ada masalah. Teknik ini cenderung lebih dekat dengan SEO On Page.
  • SEO On Page: Merupakan serangkaian teknik dalam mengoptimasi situs dari dalam. Dimana fokus utama pada teknik ini adalah konten yang diterapkan harus SEO friendly.
  • SEO Off Page: Merupakan strategi optimasi website yang bersumber dari luar website itu sendiri. Bisa dibuat dalam bentuk link atau tautan yang bisa memberikan sinyal untuk mempromosikan website Anda sehingga memiliki rating yang lebih tinggi dalam mesin pencari.

SEO Teknis

Bagian pertama dalam proses SEO adalah SEO teknis yang umumnya dilakukan oleh pakar SEO. Sesuai dengan namanya, teknik tidak berkaitan dengan konten pada suatu website ataupun metode promosi website itu sendiri.

Teknik ini berhubungan dengan pengaturan apa saja yang perlu dilakukan, agar “crawler” pada mesin pencari bisa menjelajahi website Anda dengan mudah dan lancar. Ketika SEO teknis dilakukan dengan baik, maka sebagian pekerjaan telah selesai karena melakukan pengaturan cukup beberapa atau hanya sekali saja.

Karena apabila crawler mesin pencari tidak bisa bekerja dengan baik maka situs Anda tidak akan terindeks sehingga berdampak pada peringkat situs yang buruk.

SEO On Page

Jenis SEO lainnya adalah SEO On Page yang fokus pada konten dan elemen lain yang berada di halaman website.

SEO ini fokus pada konten agar mesin pencari dapat membaca isi konten website Anda dengan baik berdasarkan kata kunci yang menjadi sasaran.

Pada tahap ini Anda akan berurusan dengan struktur website, kata kunci SEO, SEO gambar, tautan internal dan eksternal, markup data terstruktur dan lainnya yang bisa mengirim sinyal yang tepat kepada mesin pencari.

Jika hal ini diikuti dengan baik, maka pengunjung organik serta kredibilitas website Anda akan meningkat dengan pesat.

SEO Off Page

Jenis SEO yang terakhir adalah SEO Off Page dimana proses pengerjaannya bergantung pada aktifitas di luar situs Anda.

Teknik biasa dikenal dengan pembuatan tautan balik/ backlink building. Namun, ada juga yang menggunakan istilah promosi website. Cara ini sangat baik dalam mempromosikan sebuah website karena melibatkan banyak metode serta teknik daripada hanya sekedar membangun tautan atau membayar tautan melalui sebuah jasa backlink.

Simak juga artikel berikut ini : Jasa SEO karawang

Mengapa SEO Off Page Penting?

Mesin pencari biasanya mencari kata kunci yang digunakan user melalui indeks yang dimiliki mesin pencari tersebut. Berdasarkan indeks tersebut akan dipilih halaman terbaik dan biasanya berada pada halaman 1.

Salah satu faktor yang menentukan hasil pencarian ini adalah jumlah tautan yang masuk (backlink).

Tautan ini merupakan sinyal yang membentuk trust pada website atau juga bisa menjadi faktor penentu otoritas domain.

Otoritas domain bergantung darimana datangnya asal tautan, dan hal ini sangat mempengaruhi posisi website di mesin pencari. Jika berasal dari tautan terpercaya maka dampaknya akan positif dan begitu juga sebaliknya.

Menerapkan SEO Off Page disarankan melalui cara yang bersih (SEO White hat) karena memiliki efek jangka panjang, dan hindari pemakaian SEO Black hat karena hal ini melanggar pedoman yang dibuat oleh mesin pencari.

Apa Yang Dapat Dilakukan Untuk Mendapatkan Lebih Banyak Tautan Pada Jenis SEO Off Page?

Memperoleh tautan yang berkualitas tidaklah sulit asalkan Anda memiliki konten dengan kualitas yang baik atau excellent. Karena dengan konten yang berkualitas orang-orang akan senang mengunjungi website Anda dan bahkan memberikan tautan alami sehingga kualitas situs menjadi lebih baik.

Baca juga : Cara meningkatkan trafik website

Jika Anda membeli tautan atau mendapatkannya dengan mudah, maka Anda akan memperoleh kesuksesan sementara. Dan beberapa waktu ke depan website Anda akan hilang dari halaman pencarian ketika mesin pencarian Google selesai di update.

Cara Terbaik Mempelajari Cara Kerja Setiap Jenis SEO

Cara terbaik dalam mempelajari semua jenis SEO adalah berlatih menggunakannya.

Selain mempelajari konsep dan teorinya, praktikkanlah hal tersebut secara perlahan sambil memantau peringkat website Anda.

Jika pengunjung organik meningkat, maka teknik SEO Anda berhasil dan berada di jalan yang benar. Jika tidak, maka Anda harus melakukan perbaikan strategi serta rencana teknik SEO yang selanjutnya.

Beberapa hal ini merupakan dasar yang bisa membantu Anda memulai:

  • Bagaiman Mesin Pencari Bekerja – Sebelum memulai dengan SEO, penting bagi Anda untuk memahami bagaimana mesin pencari bekerja. Karena pada akhirnya tujuan SEO Anda adalah mempengaruhi mesin pekerja tersebut untuk mempercayai situs Anda serta mengetahui bagaimana mereka membuat peringkat setiap website. Mengetahui hal ini akan membantu Anda dalam membuat keputusa yang baik.
  • Dasar-dasar SEO Untuk Para Pemula – Bagi pemula yang tidak mengetahui SEO, penting untuk membaca panduan SEO untuk pemula sebagai dasarnya.
  • Kursus SEO – Anda juga bisa mengikuti kurses SEO agar proses belajar menjadi lebih mudah dan terstruktur.
  • Follow SEO Expert – Internet memiliki berbagai situs yang dikelola oleh seorang SEO expert. Anda bisa memiliki beberapa sebagai sumber belajar sembari memiliki mana yang paling baik dan populer.
  • DIY SEO Tutorial – Tutorial cara menerapkan SEO secara mandiri banyak beredar di internet. Anda bisa memiliki salah satu atau beberapa yang terbaik.
  • SEO Checklist – Daftar periksa sangat berguna apakah Anda telah melakukan optimasi dengan benar pada seluruh elemen. Terdapat banyak tools yang bisa dipakai seperti Keyword SEO Analizer (Ahref, Moz, SEMRush dan lainnya.

Apa Perbedaan Antara Semua Jenis SEO dan Digital Marketing?

Banyak orang bertanya “Apakah SEO itu sama dengan pemasaran digital” dan jawaban yang ditemukan adalah bahwa SEO merupakan salah satu alat yang tersedia di gudang pemasaran digital.

SEO bisa menjadi alat dari kampanye pemasaran digital milik Anda. Karena biasanya hal ini mencakup promosi media sosial, strategi konten, PPC dan lainnya.

Namun, perlu Anda ketahui bahwa website yang memiliki konten berkualitas, unik, relevan dan terindeks dengan baik walau belum menggunakan SEO teknik. Jadi, bisa saja website Anda berada di ranking tinggi di mesin pencari walau tanpa memakai SEO. Karena SEO hanya memberikan dorongan tambahan pada sebuah website.

Namun, jika konten yang dimiliki sifatnya umum dan berada pada pasar persaingan yang besar. Maka penggunaan 3 jenis SEO sebelumnya merupakan langkah yang paling tepat untuk meningkatkan peringkat situs Anda.

Pertanyaan Umum Terkait SEO

Apa itu SEO?

SEO merupakan serangkaian aturan untuk mengoptimalkan website Anda agar dapat memperoleh peringkat yang lebih baik dalam hasil pencarian organik di mesin pencari.

Mengapa SEO penting?

Mayoritas trafik mesin pencari berada di 5 besar hasil pencarian tertinggi. Dengan memakai SEO, maka website berada di posisi teratas tersebut berdasarkan kata kunci yang Anda pakai. Hal ini akan meningkatkan jumlah pengunjung pada situs Anda pada akhirnya.

Bisakah Anda melakukan SEO sendiri?

Ya, terdapat banyak kursus online tentang SEO sehingga Anda bisa melakukannya secara mandiri. Selain mempelajari teknk dan teorinya, cara terbaik lainnya adalah menerapkan SEO itu sendiri di website Anda.

1 komentar untuk “Jenis SEO (Search Engine Optimization) Menurut Pakar SEO”

  1. Ping-kembali: 10 Tips Membuat Backlink Berkualitas Dengan Otoritas tinggi

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *