Untuk berada dihalaman pertama google merupakan hal yang tak semua individu dapat melakukannya. Tetapi dengan menggunakan platform wordpress semua itu tampak mudah, mengingat banyak alat bantu yang tersedia disana. Berikut ini beberapa plugin untuk wordpress yang perlu di instal sebagai alat untuk menunjang kesempurnaan postingan anda.

Mungkin anda juga tertarik membaca : Cara meningkatkan trafik website

Plugin untuk wordpress yang wajib

Artikel ini membahas apa saja plugin untuk wordpress yang perlu ditambahkan. Jadi dengan mengetahui pilihan plugin tersebut, Anda bisa memilih tools terbaik yang dapat digunakan untuk optimasi website yang dimiliki.

Apa saja Plugin wordpress yang harus diinstal?

Berikut ini kami uraikan 8 plugin untuk wordpress yang dapat anda tambahkan di wordpress anda. Beberapa diantaranya adalah Yoast sebagai salah satu plugin yang wajib anda instal.

Plugin untuk wordpress yang wajib anda tambahkan

Sebelum memilih plugin dibawah ini, tentunya Anda harus memiliki website/blog terlebih dahulu. Salah satu platform website yang paling banyak digunakan adalah WordPress. Dimana sekitar 36% dari keseluruhan website di dunia memakai WordPress. Oleh karena itu, buatlah website Anda sekarang juga.

1. YoastSEO

yoas plugin wordpress

Sampai saat ini YoastSEO merupakan plugin terbaik, karena diunduh dan dipakai oleh lebih dari 5 juta pengguna di dunia. Populernya plugin ini disebabkan oleh fiturnya yang lengkap, mudah dipakai, tampilan yang sederhana sehingga tidak sulit ketika di setting.

YoastSEO memiliki versi free dan pro. Keduanya memiliki performa yang baik namun versi pro memberikan jaminan lebih tinggi dimana website akan memperoleh peringkat tertinggi dalam waktu yang lebih cepat karena sangat SEO friendly.

Adapun fitur yang terdapat pada plugin ini adalah eksternal dan internal linking, memberi analisis keyword, meta deskripsi, slug, tag, url permalink dan lainnya. Jika plugin ini diinstal pada blog anda, maka performa dan trafik pada website tersebut akan semakin tinggi. Karena itulah YoastSEO sangat direkomendasikan oleh orang banyak untuk optimasi website.

2. Google XML Sitemaps

google sitemap plugin wordpress

Plugin untuk wordpress yang satu ini memiliki cara kerja berbeda dengan YoastSEO. Walaupun demikian, plugin ini tidak kalah pentingnya. YoastSEO dapat membantu Anda melakukan optimasi baik itu On Page atau Off Page. Namun, Anda perlu melakukan pengaturan agar mesin pencari (Google, Yahoo, Bing dan lainnya) dapat website Anda dapat terindeks.

Nah, Plugin Google XML Sitemaps berperan untuk membantu mesin pencari agar dapat mengindeks website Anda dengan lebih cepat. Karena semakin cepat terindeks, maka Anda akan semakin cepat tahu diperingkat berapa situs Anda berada dan apa yang harus dilakukan untuk meningkatkannya.

Plugin ini juga akan memberikan sinyal dengan cepat kepada mesin pencari ketika Anda baru posting artikel baru.

3. Rel Nofollow Checkbox

rel nofollow

Plugin untuk wordpress yang satu ini juga cocok digunakan bagi Anda yang tidak ingin membuat tautan DoFollow ke situs lainnya yang artinya link tujuan tidak akan memperoleh backlink. Link yang tidak termasuk pada kategori DoFollow tidak masuk sebagai backlink dari artikel Anda sehingga tidak menambah nilai pada SEO.

Namun, link nofollow juga berguna untuk SEO Off-Page. Karena jika link ini disebar pada forum atau sosial media maka popularitas website Anda akan cepat meningkat.

4. WP Super Cache Plugin untuk worpress

wp super cache

Ini juga sangat direkomendasikan untuk Anda pengguna wordpress. Karena fungsi utama tools ini adalah membuat file html statis untuk website wordpress Anda. Dimana jika menjadi html maka loading page sebuah website akan menjadi lebih cepat.

Hal ini sangat baik, karena semakin cepat loading page suatu situs, maka potensi pengunjung yang datang ke website Anda akan semakin besar. Hal ini juga akan lebih disukai mesin pencari dan berakhir pada meningkatnya peringkat website.

5. All In One SEO Pack

all in one plugin

All In One SEO Pack merupakan plugin untuk wordpress yang juga banyak digunakan di dunia. Jika diranking maka plugin ini berada di posisi 2 setelah YoastSEO. Fitur pada plugin ini tidak jauh berbeda dengan pesaingnya.

Anda bisa melakukan optimasi langsung pada beberapa hal seperti XML Sitemap, meta tag secara otomatis, bantuan analisis Google, cek plagiasi konten dan lainnya. Tampilannya juga sederhana sehingga di setting sesuai keinginan Anda.

Namun, pastikan untuk memilih salah satu antara All In One SEO Pack atau YoastSEO. Karena jika memakai kedua plugin ini, maka website Anda akan mudah error.

6. Rank Math adalah plugin wordpress yang banyak di gunakan oleh para bloger.

plugin rank math

Plugin ini cukup baru jika dibandingkan dengan plugin lainnya. Namun, Anda tidak perlu khawatir akan ketangguhannya karena terdapat banyak fitur yang sangat mendukung teknik SEO yang ada. Contohnya saja cek keyword, pengaturan meta tag, meta deskripsi, kategori dan lainnya.

Terlebih fitur-fitur yang ada banyak yang didesain agar bekerja secara otomatis, sehingga Anda akan sangat terbantuk ketika memakai plugin satu ini.

7. Broken Link Checker

broken link check plugin wp

Plugin lainnya adalah broken link checker. Plugin ini bekerja dengan memeriksa apakah setiap tautan/ link yang ada di website Anda masih berfungsi dengan baik atau tidak. Jika tidak maka segera cari tautan yang berkaitan atau hapus tautan tersebut. Karena link yang rusak akan memberikan penilaian yang buruk dari mesin pencari sehingga dapat menurunkan peringkat website pada search engine.

8. Redirection

redirection

Dan terakhir adalah redirection yang berfungsi mengatur redirect url Anda dan mengarahkannya ke url lainnya. Plugin ini sangat berguna jika Anda ingin melakukan perbaikan website ataupun ingiin redirect secara permanen (redirect 301).

Plugin ini akan memindahkan konten dan backlink ke alamat domain yang baru. Cara ini sangat baik untuk SEO pada website baru, karena tidak perlu melakukan optimasi lagi dari awal. Selain itu, dengan banyak artikel, maka peluang sebuah website menjadi ramai akan semakin tinggi.

Hanya saja proses redirect membutuhkan waktu sampai beberapa hari. Kesuksesan sebuah website baru juga bergantung dari “crawler” mesin pencari serta banyak pengunjung yang datang ke situs Anda setiap harinya.

Nah bagi anda yang tidak ingin repot dengan beberapa tehnik diatas, anda dapat melakukan konsultasi dengan jasa website karawang, Ini adalah solusi mudah bagi anda yang baru tergerak mengunakan platform wordpress.

Itulah 8 plugin untuk wordpress yang sebaiknya anda instal. Setiap plugin ini memiliki fungsi dan kelebihan masing-masing. Pakailah plugin yang paling Anda butuhkan dan jangan tumpuk plugin tersebut pada satu website karena justru dapat menyebabkan kerusakan pada situs Anda.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top